website belajar film pendek

9 TIPS SEDERHANA YANG HARUS DILALUI OLEH FILM MAKER UNTUK MENCAPAI SUKSES

Semua orang ingin sukses. Kesuksesan itu cakupannya sangat luas. Bisa sukses di dalam menjalankan bahtera rumah tangga, sukses dalam pekerjaan yang sedang dijalani saat ini, sukses di dalam sekolah atau bisa juga sukses karena kita selalu dikaruniai kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat untuk orang banyak.

Pada umumnya kriteria sebuah kesuksesan itu adalah jika pekerjaan yang tengah kita jalani bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan apa yang kita harapkan atau rencanakan.

Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa menjadikan seseorang sukses. Menjadi film maker atau pembuat film adalah salah satu contohnya.

website belajar film pendek

Menjadi seorang film maker merupakan suatu jenis pekerjaan yang saat ini tengah dipilih oleh banyak orang, terutama oleh para anak muda yang suka sekali berkecimpung di dalam dunia kesenian. Anak muda jaman sekarang memilih menjadi seorang fim maker karena profesi ini membuatnya bisa berkarya dengan bebas, mengembangkan segala kreatifitas yang mereka miliki.

Karena profesi atau pekerjaannya adalah menjadi seorang film maker maka yang dilakukannya adalah membuat sebuah film. Kriteria kesuksesan bagi seorang film maker adalah jika film yang dibuatnya nanti bisa menjadi sebuah film yang memiliki kualitas yang baik, merupakan sebuah maha karya yang menakjubkan dan dapat dibanggakan.

Tidak hanya berwujud film yang bagus, yang syukur-syukur bisa mendatangkan beberapa macam awards atau penghargaan melainkan film yang dibuat juga kalau bisa nantinya mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Dalam arti memberikan pemasukan atau hasil yang besar yang diperoleh dari banyaknya jumlah penonton.

Untuk bisa mendapatkan kesuksesan, banyak sekali cara atau jalan atau tips yang harus dicapai atau ditempuh atau dilalui oleh seorang film maker. Tipsnya bisa secara sederhana, bisa juga secara kompleks. Kali ini yang akan kita bahas adalah tips yang sederhananya.

Seperti sudah disebutkan di atas tadi bahwa jalan untuk menuju kesuksesan bagi seorang fim maker itu banyak sekali.

9 tips sederhana yang harus dilalui oleh film maker untuk mencapai sukses :

  1. Niat adalah kunci utama bagi siapa saja yang ingin memulai suatu usaha atau pekerjaan. Hal juga harus dipraktekkan oleh seorang film maker. Jika ingin filmnya sukses dan dengan sendirinya dia juga ikut sukses maka harus ditanamkan betul-betul niat yang sangat kuat untuk bisa menghasilkan sebuah film yang baik yang akan mendatangkan kesuksesan.
  2. Jika anda saat ini memiliki rencana untuk menjadi seorang film maker yang sukses maka ada hal yang harus diingat dan dicamkan betul-betul di dalam pikiran bahwa untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan waktu atau proses. Kita tidak akan pernah mengetahui secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Waktu di sini sangat relatif sifatnya. Bisa dalam waktu yang singkat, bisa juga dalam waktu yang cukup lama. Yang sangat dibutuhkan di sini adalah tingkat kesabaran yang tinggi. Karena seorang film maker yang sekarang sudah sukses juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mewujudkan kesuksesannya tersebut, paling tidak antara tujuh sampai dengan sepuluh tahun.
  3. Untuk membuat sebuah film yang bermutu tinggi, tidak asal jadi begitu saja. Di tengah-tengah proses produksinya, sudah tentu akan timbul masalah di sana sini.  Masalah bisa datang karena masalah teknis, masalah keuangan, masalah cuaca ataupun masalah pemain dan lain sebagainya. Sebagai bisa disebut sebagai seorang film maker yang sukses, dituntut untuk bisa memecahkan semua masalah yang terjadi tersebut dengan sebaik mungkin, agar proses produksi bisa terus berjakan dengan lancar dan pada akhirnya nanti menghasilkan film yang bermutu tinggi. Diperlukan kerja sama yang baik pula antara seorang film maker dengan kru produksi yang lain.
  4. Kegagalan adalah suatu proses yang alami yang mau tidak mau harus dijalani oleh seseorang dalam usahanya untuk mencapai kesuksesan. Kegagalan datang tidak hanya sekali, bahkan bisa berulang kali. Hal tersebut bisa juga dialami oleh film maker. Jalan keluar satu-satunya untuk dapat bangkit dari kegagalan adalah dengan kegigihan dan juga ketekunan serta kepercayaan diri yang kuat. Karena biasanya orang yang berkembang, yang bisa menapaki tangga kesuksesan adalah orang yang sudah ditempa atau diuji oleh banyak kegagalan.
  5. Jika kita akan menerjuni dunia bisnis, pastilah yang kita inginkan adalah mencapai keberhasilan atau kesuksesan atau keuntungan. Namun dunia bisnis itu tidak pasti sifatnya. Demikian pula yang terjadi dengan dunia perfilman. Bisa jadi nantinya seorang film maker di akan dihadapkan pada masalah-masalah seperti misalnya, “apa yang harus dilakukan jika film yang kita buat macet di tengah jalan proses peredarannya?” atau “apakah film yang sudah kita produksi ini nantinya akan kita buat sekuelnya?”. Jika ingin sukses maka seorang film maker yang baik harus bisa memiliki tingkat fleksibilitas yang baik pula. Jika suatu saat karena kondisi-kondisi tadi seorang film maker harus mengubah rencananya semula maka hal tersebut memang harus dilakukan, dengan sedikit melakukan perubahan, tanpa melenceng terlalu jauh dari visi atau misi semula.
  6. Masyarakat atau pasar atau audience adalah suatu hal yang memegang peranan sangat penting dalam memproduksi film. Jika sudah bisa memperhitungkan pangsa pasar atau selera pasarnya dengan baik maka seorang film maker dapat memproduksi sebuah film yang nantinya bisa diterima oleh masyarakat yang bersangkutan. Film yang direspons dengan sangat baik oleh audience menjadi pertanda bahwa film tersebut sukses merebut perhatian. Kesuksesan sebuah film berarti kesuksesan juga bagi film makernya.
  7. Suatu film yang sukses, yang tidak hanya berkualitas melainkan juga mendapat respons yang luar biasa dari penonton, tentunya bukan hanya merupakan karya dari tangan dingin seorang fim maker melainkan juga hasil dari kerja sama atau kolaborasi dari berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Mulai dari produser, sutradara, para pemain, editor, ilustrator, penulis skenario, penata fotografi, penata lampu (lighting), make up artist, pihak catering, office boy, driver sampai dengan bagian pemasarannya. Jadi bisa disimpulkan bahwa kesuksesan sebuah film tidak hanya menandakan kesuksesan film makernya melainkan juga segenap pihak.
  8. Rajin-rajinlah untuk bertanya atau berguru kepada seorang film maker senior yang sudah lebih dulu sukses, yang telah memiliki segudang pengalaman membuat film-film bagus. Saran-saran dari mereka ini sangat kita butuhkan supaya film yang kita buat nantinya hasilnya bisa sama seperti yang sudah mereka buat, syukur-syukur bisa melebihi.
  9. Jika anda merupakan seorang film maker pemula, yang akan memulai debutnya pertama kali, yang harus dilakukan adalah memproduksi film pendek terlebih dahulu. Jika film pendek yang kita buat ini hasilnya bisa bagus dan sukses di peredaran maka untuk selanjutnya kita tidak akan menemui masalah yang berarti jika hendak memproduksi film panjang.

Tentu untuk mencapai sukses butuh proses yang harus di lalui. Kunci terbesar adalah sabar dan terus belajar. Belajar dan terus berlatih tanpa henti akan melahirkan kemampuan yang baik dalam menghasilkan film-film terbaik sepanjang masa.

Published by

khedi

Love so much technology