peralatan film pendek

10 Peralatan Untuk Membuat Film Pendek yang Harus Anda Siapkan

 

Ulasan kali ini akan membahas tentang 10 peralatan untuk membuat film pendek yang harus Anda siapkan. Membuat karya berupa film pendek memang mengharuskan Anda mempersiapkan beberapa macam alat. Bila dulu pekerjaan film Indie harus dikerjakan dengan membentuk tim besar dengan peralatan yang tak kalah banyak, kini pembuatan film pendek ala film indie bisa dilakukan oleh tim yang terdiri dari 2-3 orang saja dengan peralatan “seadanya” yang mendukung.

Maraknya penggunaan DSLR dan smartphone beresolusi kamera tinggi dewasa ini diakui membuka jalan bagi siapa saja untuk membuat film yang diinginkan. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa harus mempersiapkan dana besar. Terlebih didukung oleh sejumlah situs video di internet yang bisa digunakan sebagai ladang mendistribusikan karya pribadi.

Adanya festival film pendek yang digelar juga turut memicu semangat para pembuat film untuk menyuguhkan karya terbaiknya. Tentu tidak ada salahnya bila Anda ikut ambil bagian membuat film pendek Anda sendiri. Hanya saja untuk menghasilkan karya film pendek yang benar-benar berbobot modal kamera bagus belumlah cukup. Tepatnya masih ada sejumlah peralatan lain yang wajib Anda sediakan di awal. Alat apa saja kira-kira?

peralatan film pendek

Berikut ini daftar 10 peralatan untuk membuat film pendek yang harus Anda siapkan, diantaranya:

  1. Kamera

Kamera bisa dibilang peralatan utama yang wajib ada. Banyak jenis kamera yang bisa dimanfaatkan untuk membuat film pendek. Adapun kamera yang baik dipilih yaitu kamera dengan kualitas resolusi mumpuni. Hal tersebut menjadi syarat utama bila Anda menginginkan kualitas hasil gambar atau video maksimal.

  1. Memory Card Untuk Kamera

Dalam pembuatan sebuah film pendek, memori card berkapasitas 8 GB bisa jadi dirasa kurang. Karenanya Anda juga membutuhkan memory card cadangan untuk kamera Anda. Peralatan ini dibutuhkan seperlu mengantisipasi bila memori penuh sewaktu-waktu sementara Anda melakukan pengambilan gambar di luar ruangan. Dalam pemilihan memory card perhatikan pula kualitasnya. Dimana kualitas turut menjamin penggunaan perangkat dalam jangka waktu panjang.

  1. Microphone dan Sound Recorder

Tak hanya kualitas gambar yang penting, agar audience bisa menikmati karya Anda secara optimal suara juga harus terdengar jelas. Karenanya dibutuhkan perangkat pendukung berupa microphone. Peralatan ini amat dibutuhkan tidak terlepas banyak sedikitnya narasi yang akan diucapkan dalam adegan film. Microphone tidak harus mahal. Karena yang terpenting spesifikasinya bagus dan bisa menghasilkan suara jelas.

Ada 3 jenis microphone untuk pengambilan suara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Diantaranya clip on, shotgun mic, dan boom mic. Untuk pembuatan film pendek boom mic merupakan elemen penting. Namun, jangan mengandalkan microphone kamera sepenuhnya. Hal ini berarti Anda juga membutuhkan alat pendukung lain berupa perekam suara. Karena Anda harus memastikan setiap adegan jelas terdengar sehingga film yang dibuat bisa dinikmati.

  1. Lighting

Dalam kondisi tertentu terutama saat pencahayaan dirasa kurang dibutuhkan alat berupa camera lighting. Sayangnya produk aslinya dibandrol harga relatif mahal. Sebenarnya harga peralatan ini cukup sebanding dengan fungsi dan manfaat kenyamanan penggunaan. Dimana sinar lampu aman dan tidak menyilaukan mata. Penggunaan produk asli notabene juga hemat energi alias tidak membutuhkan daya listrik terlalu besar. Sehingga penggunaan peralatan cukup ramah pengguna.

Adapun lighting dibutuhkan untuk memperkaya detail dalam sebuah film pendek. Sehingga gambar yang dihasilkan bisa tajam. Bila memang belum tersedia budget untuk membeli camera lighting, Anda bisa menggunakan lampu LED yang ditata sedemikian rupa sehingga pengambilan gambar film tidak gelap pada sisi tertentu. Pada pembuatan film pendek biasanya dibutuhkan 2 buah lampu berjenis LED CN-160.

  1. Stabilizer Kamera

Untuk pengambilan gambar di luar ruangan atau outdoor, maka Anda membutuhkan alat berupa stabilizer kamera. Alat ini Anda butuhkan guna membantu kestabilan video sehingga tidak terguncang atau goyang-goyang. Penggunaan alat ini pun akan memberi hasil kerja film pendek bak karya seorang profesional yang layak untuk ditonton. Pengadaan alat ini bisa Anda abaikan bila dalam perangkat kamera Anda tersedia fitur stabilizer.

  1. Monopod atau Tripod

Monopod atau tripod berfungsi untuk menstabilisasi posisi kamera. Alat ini dibutuhkan agar proses pengambilan gambar tidak bergetar. Jadi fungsinya bisa dibilang sama seperti stabilizer kamera. Monopod atau tripod bisa digunakan untuk merekam pengambilan adegan di dalam ataupun di luar ruangan.

  1. PC atau Laptop

Daftar alat berikutnya dalam 10 peralatan untuk membuat film pendek yang harus Anda siapkan adalah PC atau laptop. PC memiliki andil penting karena hasil rekaman film pendek Anda akan diolah di sini. File video bisa disalin dari memory card kamera ke PC. Pastikan Anda hanya menggunakan PC dengan spesifikasi tinggi. Paling tidak yang sudah dibekali processore quad core dan memiliki RAM besar. Hal ini seperlu menjamin kenyamanan dalam pengolahan dan pengeditan video.

Dibutuhkan juga VGA tinggi agar proses rendering dan olah gambar bisa lebih cepat. Jangan lupa cek ketersediaan hardisk perangkat. Harddisk besar dibutuhkan untuk menyimpan hasil olah video film pendek Anda.

  1. Software Editing Video

Untuk bisa mengedit video menjadi film pendek berkualitas, Anda juga membutuhkan software edit video terbaik. Anda bisa menggunakan software berbayar ataupun gratisan. Dalam hal ini keahlian dan kemampuan editing Anda akan diuji.

Bagi pemula bisa mencoba beberapa software yang ramah bagi newbie, seperti Corel VideoStudio X8 yang cukup mudah digunakan. Sementara untuk merasakan sensasi editing dengan tingkat kerumitan lebih bisa mencoba beberapa software editing video kelas elit misalnya Adobe Preimer Pro, Sony Vegas Pro, atau lainnya.

  1. Sofware Editing Gambar

Dalam pengeditan film pendek tidak jarang dibutuhkan juga beberapa keping gambar. Gambar yang disematkan pada video memang ampuh menambah suasana film pendek lebih seru ditonton. Karenanya Anda juga harus menyiapkan software editing gambar mumpuni. Pilih software editing gambar yang mendukung kebutuhan Anda. Mulai dari mengedit icon, membuat tempelate frame video, membuat thumbnail video, membuat karakter unik, screenshoot komentar, atau sebagainya.

  1. Musik, Efek, dan Tempelate Video Effect

Agar film pendek yang dibuat semakin menarik, Anda juga perlu menginput beberapa unsur. Baik itu musik, lagu, atau efek suara sebagai efek videonya. Video efek juga bisa ditambahkan untuk memperdalam tingkat dramatisasi film pendek Anda.

Seperti yang sudah Anda tahu ada tahap editing film yang harus dilakukan. Karenanya selain 10 daftar peralatan di atas, sebenarnya dibutuhkan pula keahlian dalam mengolah film pendek yang wajib Anda kuasai. Tidak ketinggalan karakter personal dan karakter film pendek. Semuanya adalah faktor yang dibutuhkan guna menghasilkan film pendek berkualitas. Hanya saja semua kemampuan yang sudah ditorehkan dalam bentuk naskah film dan persiapan matang tidak bisa berjalan tanpa adanya peralatan yang lengkap. Untuk itu, pastikan 10 peralatan untuk membuat film pendek yang harus Anda siapkan telah siap.

Published by

khedi

Love so much technology